5 Tips Membangun Kepercayaan Suami Istri

Kamis, 19 Oktober 2017 - 22:07 WIB
5 Tips Membangun Kepercayaan Suami Istri
5 Tips Membangun Kepercayaan Suami Istri
A A A
JAKARTA - Kepercayaan mutlak dibutuhkan sebagai landasan untuk membangun hubungan yang bahagia dan memuaskan bagi kedua belah pihak. Pasangan yang mendambakan hal-hal terbaik dalam hubungan mereka harus belajar untuk menciptakan kepercayaan.

Sayang, kebanyakan pasangan hanya memikirkan kepercayaan yang berkaitan dengan hal seksual. Masalah hubungan intim memang penting, tetapi masih ada hal-hal lain yang harus dipertimbangkan. Misalnya membangun kepercayaan dalam hubungan berumah tangga. Lalu bagimana caranya? Berikut ini 5 tips membangun kepercayaan suami istri:

1. Tunjukkan kesetiaan
Jika salah satu pasangan melanggar kesetiaan, dalam waktu singkat hubungan yang sudah terjalin tidak dapat lagi berjalan dengan baik. Ada orang-orang yang bisa memulihkan diri setelah terjadinya perselingkuhan, tetapi biasanya membutuhkan bantuan ahli untuk melakukannya.

Buatlah komitmen untuk saling setia dan mematuhinya. Jika Anda merasa tidak bahagia dalam menjalani sebuah hubungan, carilah konseling, bukan kekasih atau berselingkuh.

2. Beri ruang pasangan
Kepercayaan bisa berkembang dalam atmosfer yang aman dan bebas bahaya. Jika pasangan saling menyakiti, baik secara verbal atau fisik, kemudian menimbulkan penolakan dalam diri masing-masing, hal ini akan menciptakan ketakutan besar yang dapat menggerogoti kepercayaan.

Selain itu, berusaha mengendalikan semua gerak-gerik pasangan juga mencerminkan ketidakpercayaan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menunjukkan sikap lekat berlebihan kepada pasangan. Sikap ini justru akan membuat pasangan menjauh.

3. Cintai pasangan dengan tulus
Masing-masing pasangan harus merasa yakin bahwa dirinya dicintai karena kualitas yang ada dalam dirinya bukan karena alasan lain, seperti keluarga, uang, penampilan atau bahkan karena perasaan takut akan sendirian. Pastikan hubungan yang Anda jalin dengan pasangan dilandasi alasan yang tepat

4. Jadikan hubungan sebagai prioritas utama
Seiring waktu, sering kali pasangan mulai tidak menghargai dan mengabaikan satu sama lain. Cobalah untuk tidak mencurahkan seluruh energi untuk mengurusi orang lain atau untuk melakukan berbagai kegiatan. Pastikan prioritas Anda jelas. Jika menganggap hubungan sebagai sesuatu yang penting, pastikan Anda menempatkannya di bagian atas daftar prioritas.

5. Pahami Kesalahpahaman
Tidak dapat dipungkiri bahwa kesalahpahaman, konflik dan kemarahan akan mewarnai suatu hubungan. Namun, usahakan agar perdebatan atau kemarahan dapat diekspresikan tanpa menimbulkan rasa takut akan ditinggalkan. Anda dapat melakukannya dengan tidak pernah menggunakan ancaman untuk mengakhiri hubungan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4902 seconds (0.1#10.140)